12 May 2014

KREATIFITAS ITU SEPERTI AIR

Satu tahun ini bekerja di dunia kuliner, saya benar-benar belajar banyak hal baru. Mulai dari hal yang kelihatannya sepele berefek besar sampai hal besar berimbas sangat kecil. Setiap hari selalu menemukan hal baru, masalah baru, pembelajaran baru & teman baru. Customer datang silih berganti dengan karakternya masing-masing. Ada yang sangat ramah, namun tidak sedikit yang jutek luar biasa. Normal dong, kan tamu adalah raja. Tetap service yang baik menjadi bagian dari kenyamanan konsumen. Di Tanjungpinang, kota tempat saya melabuhkan jangkar *tsahhhh* saat ini menjadi saksi dari statement "bahan baku susah mannnn disini". Puter otak jungkir balik buat menemukan sesuatu yang bisa dengan mudah saya dapatkan saat saya tinggal di Jakarta dulu. Namun uniknya justru ini menjadi sesuatu yang menantang saya & sebagian besar orang untuk menemukan jarum dalam tumpukan jerami. Well, ada hal-hal yang justru membuat hari saya jadi lebih indah ketika saya bisa menemukan sesuatu yang sudah lama dicari, alahhhhh bahasanya galau pisan hehehehe. Tapi kemudian saya berpikir, bahan baku disini memang terbatas tapi otak kita kan gak terbatas man. Lalu saya mulai menemukan satu pembelajaran berharga bahwa mudah kok selama mau berusaha & repot-repot sedikit. Inovasi itu gak 'bummmm' jatuh dari langit begitu aja. Inovasi itu ada disana, tuhhhhh dikepala kita. Kuncinya cuma satu jangan pernah menghentikan daya kreatifitas otak kita. Kreatif itu cara kerjanya sama aja kayak air PAM. Selama terus dibuka selama itulah dia akan terus mengalir. Tapi sekali aja ditutup well then selamanya bakal mampet. Sederhana ya. Namun seringkali hal yang sesederhana itupun sepertinya sangat sulit dilakukan. Masing-masing manusia tidak sama, saya yakin itu. Namun cara kerjanya kreatifitas sama aja sih, saat kita membiarkannya mengalir maka ia akan memberikan suatu pesan yang akan mampu kita terjemahkan dalam bentuk karya. Mau nantinya dapat diterima orang lain atau tidak itu urusan kesekian. Yang jelas kreatifitas akan selalu berteman baik dengan hasil yang tidak biasa. Moral of the storynya apa? Terserah bagaimana kamu menilainya aja. Selamat malam :)

0 comments: