06 July 2015

OUR SPECIAL NEED


Nahhhhh selesai baca ini: http://www.tanjungpinangpos.co.id/2015/118933/pertengahan-juli-galang-batang-aktif/. Tiba-tiba kepikiran aja yaaaaaa menuangkannya dalam bentuk tulisan. Mari dibaca dibaca, silahkannnnnn……

Sebagai orang awam, saya tidak mengerti banyak soal listrik. Jangankan ngerti listrik, pegang kontak listrik aja sering kali merasa cemas, ragu-ragu & takut. Alasan utamanya sangat wanita sekali, takut kesetrum hehehehe. Yaaa wajarlah lah ya listrik & pernak-perniknya itu bukan mainan kebanyakan perempuan alias wanita tidak ditakdirkan jadi tukang listrik. Well, setuju sajalah toh wanita & listrik seringkali tidak berjodoh. Namun untuk mengetahui kondisi apa yang sebenarnya terjadi di Tanjungpinang dengan seringnya mati lampu, menurut saya wanita pun mampu menjelaskan secara detail. Tidak perlu berjodoh dengan listrik hanya untuk menjelaskan bahwa ada hal yang sebenarnya terlewatkan dari kinerja kerja PLN Tanjungpinang. Entah bagaimana cara kerjanya sehingga supply listrik masih saja mejadi kendala yang sangat menggangu pembangunan & perkembangan kota ini. Coba dibayangkan yaaaa, dibayangkan lho ya, apa yang terjadi jika dihari raya ini supply listrik masih saja byar pret. Lagi terima tamu yang bersilahturahmi ke rumah tiba-tiba listrik padam. Sedang seru-serunya acara malam takbiran tahu-tahu sunyi senyap gara-gara aliran listrik terputus begitu saja.

Penjelasan utama orang nomor satu PLN Tanjungpinang sudah bisa ditebak kan yaaaa: “Maaf kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang, mesin baru kami terbakar karena beban pemakaian listrik yang terlalu besar, untuk itu kami mohon agar masyarakat bisa menghemat pemakaian listrik dirumah. Matikanlah lampu-lampu yang memang tidak digunakan. Hemat listrik, maka kota kita akan terang benderang”. Well, kita seringkali dengan mudahnya menyalahkan customer/pelanggan karena menggunakan listrik secara berlebihan. Padahal kita lupa jika saja sosialisasi & kekuatan tim marketing diberdayakan secara maksimal hal seperti “penghematan listik” itu akan dengan sendirinya tertanam dalam pikiran pelanggan. Sosialisasi pernahkah? Mengiklankan penghematan listrik pernahkah? Lalu menuntut kami pelanggan untuk: "Yaaaaa, seharusnya tahu lah, kayak anak kecil aja perlu diingatkan". Tapi memang kenyataannya seperti itu. Kenapa perusahaan-perusahaan besar itu sanggup mengeluarkan dana ratusan juta hanya untuk sebuah iklan televisi, radio & billboard yang hanya ditayangkan paling lama juga 2 menit. Padahal yang diiklankan cuma obat sakit kepala, atau popok bayi. Mudah sih buat saya, karena pelanggan yang notabene masyarakat umum ini perlu selalu diingatkan bahwa dari sekian banyak produk yang ada pilihlah produk kami, karena kami menawarkan sesuatu yang berbeda. Coba perhatikan iklan rokok. Tanpa “pendidikan” mengenai bahaya merokok pun masyarakat sudah cukup hafal luar kepala bahwa merokok itu menyebabkan kerusakan pada tubuh manusia. Organ tubuh yang paling mungkin untuk mengalami kerusakan sangat parah adalah paru-paru. Namun perusahaan rokok toh tetap mencantumkan bahaya rokok pada setiap iklan & kemasan produk mereka. Kenapa? Ituuuu tadi, manusia "menuntut" untuk diberitahu berulang-ulang. Itu hal normal weceeeee, naluriah, terjadi dengan begitu saja. Sadar atau tidak, manusia itu sukaaaaaaa untuk diingatkan. Perhatian katanya, begitulah.

Menyalahkan pelanggan yang tidak bisa menghemat listrik bukan hal yang bijaksana. Karena pelanggan dimana-mana adalah raja. Mereka akan selalu berpikir, kami yang membayar, terserah kami mau digunakan seperti apa. Semakin banyak memakai listrik toh semakin banyak uang yang kami bayarkan setiap bulan, gak masalah, kami bayar kok. Nahhhhh, hal ini bisa disampaikan melalui sosialisasi, akan lebih membangun pemahaman kedua belah pihak, bukannnn. Komunikasikan dong dengan pelanggan apa yang menjadi kendala PLN Tanjungpinang. Saya rasa masalah akan mudah dicarikan solusinya jika saja pihak-pihak yang berkepentingan saling terbuka. Alih-alih sosialisasi, PLN Tanjungpinang aja seringkali sembunyi dibalik semua persoalan yang ada. Banyak hal yang bisa dijadikan ajang sosialisasi, PLN Tanjungpinang pasti punya tim marketing yang cukup mumpuni lahhhhh, yang bisa memikirkan cara jitunya.

Selain itu ada lagi nih yang menjadi beban buat saya, cieeee beban. Belajarlah untuk tidak selalu menyalahkan mesin & teknologi jika terjadi kerusakan. Mesin mannnnn, “Mesin lo kambing-hitamkan untuk masalah yang sebenarnya terletak pada SDM”. Malu lagi man, menyalahkan mesin, cuaca & benda-benda mati itu sebagai penyebab chaos yang terjadi. SDM tuhhhh perlu diupgrade, biar ilmunya bertambah. Nahhhh kalo ilmunya bertambah kan jadi bisa lebih memahami & berteman akrab dengan benda-benda mati itu. Sarana & prasarana pun perlu diperhatikan bukan. Jika meletakkan mesin-mesin itu begitu saja tanpa adanya perlindungan yang memadai, lama-lama rusak juga kan. Biarpun benda mati, tetap bo, diperlakukan secara lebih manusiawi akan membuat benda-benda mati itu seakan-akan punya 'nyawa' untuk bertahan lebih lama. Bangun dong perlindungan buat alat-alat itu, jangan dibiarkan begitu saja. Diletakkan disembarang tempat tanpa adanya perlindungan dari air hujan kek, matahari kek, petir kek, whatever lah. Intinya mesin-mesin itu harus diletakkan ditempat yang seharusnya, dijaga & dimaksimalkan daya kerjanya.

Nah kalo yang satu ini akan menjadi hal ketiga sebagai pelengkap penderita masalah PLN Tanjungpinang hehehehe. “Ayolahhhhh, come on guys, grow up mannnn, we are not kids”, yang jika dijelaskan 2x2 gak tahu jawabannya. “We are an adult, hallllllooooo” and “The most important thing is we’re having brain”. Gak adil rasanya selalu berkata “Jika kebutuhan listrik Tanjungpinang adalah sekian MW, sementara kami hanya punya sekian MW, jadi minus sekian MW, untuk itulah pemadaman listrik terpaksa kami lakukan secara bergilir”….. Dan tanggapan saya adalah “Buekkkkkk, mo muntah dengar penjelasannya”…. Itu bukan tugas kami sebagai pelanggan, bukannnn??? Sudah tugasnya situ kaleeee pak sebagai lembaga negara penyedia jasa yang mencarikan solusinya. Sudah tahu tohhhh kebutuhan listrik kota gurindam ini berapa? Ayuhhhhhh lah cari cara untuk memenuhinya. Kadang ye bo, buat saya pintar itu belum tentu cerdas. Cerdas itu sudah pasti pintar. Jangan mengkambinghitamkan pelanggan sebagai pelarian solusi yang tidak pernah kalian temukan selama ini. Yaaaa sutralah ya bapak-bapak, selamat berpikir yaaaa. Solusi itu yang kami nantikan sejak lama lho yaaaaa.

Akhirnya ini nihhhhhh efek baca berita pagi-pagi jadinya kebanyakan mikir hehehehe…..

0 comments: